@misc{eprints68027, month = {Oktober}, title = {ANALISIS SUMBER BELAJAR IPA SMP BERMUATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATIC) YANG BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KABUPATEN PRINGSEWU PADA MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI}, author = {MELIANI PUTRI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/68027/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kearifan lokal di daerah Kabupaten Pringsewu yang layak digunakan sebagai sumber pembelajaran IPA SMP pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari studi kepustakaan dengan mengumpulkan buku dan jurnal yang berkaitan dengan kajian penelitiandan survei lapangan dengan wawancara, angket, serta dokumentasi. Subyek penelitian ini meliputi tokoh adat, masyarakat, dan guru IPA di daerah Pringsewu. Analisis data yang digunakandalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif didapat dari hasil mengidentifikasi kearifan lokal yang sesuai dengan Kompetensi Dasar IPA bermuatan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic). Data kuantitatif didapat dari hasil perhitungan angket semi tertutup kesesuaian kearifan lokal dengan Kompetensi Dasar IPA SMP dan angket tertutup kesesuaian kelayakan kearifan lokal sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada materi getaran, gelombang, dan bunyi. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) Kearifan lokal di daerah Pringsewu sesuai dengan Kompetensi dasar IPA SMP 3.11 dan 4.11 kelas VIII. (2) Kearifan lokal di daerah Pringsewu yaitu gambus tunggal dan terbangan layak digunakan sebagai sumber belajar IPA bermuatan STEM pada pembelajaran materi getaran, gelombang, dan bunyi. Kata kunci: sumber belajar IPA, STEM, kearifan lokal, getaran, gelombang, dan bunyi.} }