%0 Generic %A NOVERDIAN, MUHAMMAD RENALDI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:68036 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T KOMUNIKASI PERSUASIF DUTA GENRE PROVINSI LAMPUNG DALAM MENSOSIALISASIKAN PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN(PUP) PADA REMAJA DI PROVINSI LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/68036/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis komunikasi persuasif Duta GenRe Provinsi Lampung pada program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) pada remaja di Provinsi Lampung. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas komunikasi persuasif dan mendeskripsikan teknik komunikasi peruasif yang digunakan Duta GenRe Provinsi Lampung. Penelitian dilakukan di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsin Lampung. Pengambilan data ini dilakukan pada bulan April—Mei 2022. Informan penelitian ini terdiri dari 6 orang informan utama dan 3 informan pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan Duta GenRe pada program Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) melalui efektivitas komunikasi persuasive dan teknik komunikasi persuasif. (1) Karakteristik sumber atau menetapkan komunikator yakni kredibilitas, daya tarik dan keahlian. Karakteristik pesan berdasarkan aspek ekonomi, pendidikan, kependudukan, psikologi, kesehatan dan Karakteristik audiens yakni remaja di segmentasi usia yakni berani, beraksi dan berkalobarasi. (2) teknik komunikasi persuasif yang digunakan teknik tataan dan teknik integrasi yang sangat efektif untuk digunakan sosialisasi kepada masyarakat khususnya remaja. Kata kunci : Duta GenRe, PUP, Komunikasi Persuasif This study aims to explain and analyze the persuasive communication of GenRe Ambassadors of Lampung Province in the Marriage Age Maturity Program (PUP) for adolescents in Lampung Province. Research using descriptive qualitative method. This study aims to describe the effectiveness of persuasive communication and describe the persuasive communication techniques used by GenRe Ambassadors of Lampung Province. The research was conducted at the Lampung Province BKKBN Representative Office. This data was collected from April to May 2022. The informants for this study consisted of 6 main informants and 3 supporting informants. The results showed that the persuasive communication carried out by GenRe Ambassadors in the Marriage Age Maturity (PUP) program through the effectiveness of persuasive communication and persuasive communication techniques. (1) Characteristics of the source or set of communicators namely credibility, attractiveness and expertise. Characteristics of messages based on economic, educational, demographic, psychological, health and audience characteristics, namely youth in the age segmentation, namely courage, action and collaboration. (2) persuasive communication techniques that use layout techniques and integration techniques that are very effective for socialization to the public, especially teenagers. Keywords: GenRe Ambassadors, PUP, Persuasive Communication