%0 Generic %9 Other %A I Kadek Adi Susanto, 1011011140 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:6811 %I Fakultas Ekonomi dan Bisnis %T Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Dome Futsal di Bandar Lampung %U http://digilib.unila.ac.id/6811/ %X ABSTRAK PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA DOME FUTSAL DI BANDAR LAMPUNG Oleh: I Kadek Adi Susanto Perkembangan bisnis bidang jasa saat ini menunjukkan peningkatan dan kemajuan yang sangat baik. Bisnis yang dahulu identik dengan produk barang yang nyata, kini lebih berkembang dibidang jasa yang memberikan potensi keuntungan yang sangat besar apabila dikembangkan dengan baik. Berbagai macam bisnis jasa yang saat ini memiliki peluang untuk dikembangkan diantaranya adalah bisnis jasa keuangan, jasa asuransi, jasa keamanan, jasa transportrasi, dan jasa sewa. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Persaingan bisnis jasa sewa lapangan futsal dan Penurunan jumlah pelanggan yang melakukan pemesanan jasa sewa lapangan pada Dome Futsal Bandar Lampung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Dome Futsal di Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pada kepuasan pelanggan Dome Futsal di Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian deskriptif. Variabel Independen penelitian ini adalah kualitas layanan (X) yaitu Reability(X1),Responsiveness (X2), Assurance (X3),Empathy (X4)Tangibles (X5). Sedangkan variabel dependen adalah kepuasan pelanggan (Y). Uji Validitas dilakukan dengan rumus Product Moment. Uji Reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan terhadap kepuasan pelanggan, digunakan analisis menggunakan rumus statistik Regresi Linear Berganda dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil uji t menunjukkan variabel Rellitability memiliki nilai t hitung sebesar 2,987 > nilai t tabel 1,984, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.. variabel Responsievness memiliki nilai t hitung sebesar 3,592 > nilai t tabel 1,984, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. variabel Assurance memiliki nilai t hitung sebesar 2,588 > nilai t tabel 1,984, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. variabel Emphaty memiliki nilai t hitung sebesar 2,819 > nilai t tabel 1,984, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. variabel Tangibles memiliki nilai t hitung sebesar 3,021 > nilai t tabel 1,984, Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.. Hasil Uji regresi secara bersama-sama (Uji F) menunjukkan nilai F hitung lebih besar dibandingkan nilai F tabel (22,510 > 2,31) maka Ho ditolak dan Ha diterima, nilai signifikansi hasil print out ternyata dibawah alpha yang ditentukan 5%, dengan nilai R2 = 0,532 atau 53,2% variabel X ( kualitas layanan ) mempengaruhi variabel Y ( kepuasaan pelanggan ). Secara statistik keseluruhan variabel Kuallitas Layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan Dome Futsal di Bandar Lampung. Keywords: Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan