%0 Generic %A Venny Valianti Rama, 1713053020 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %F eprints:68123 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 HAJIMENA TAHUN PELAJARAN 2020/2021 %U http://digilib.unila.ac.id/68123/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Hajimena Tahun Pelajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dan disiplin belajar secara simultan dengan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 2 Hajimena. Sampel dalam penelitian adalah 68 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian, diperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dan disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 2 Hajimena Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu sebesar 0,51 berada pada taraf sedang. Kata Kunci: disiplin belajar, hasil belajar, perhatian orang tua The problem of this research is the low learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 2 Hajimena in the 2020/2021 academic year. The purpose of this study was to find out the relationship between parental attention and learning discipline simultaneously with student learning outcomes. This research is a quantitative research that used a correlational research design. The population in this study was all fifth grade students of SD Negeri 2 Hajimena. The sample of this study was 68 students, the sample was taken using a total sampling technique. This research used questionnaires and documentation to collect the data. In analyzing the data, the writer used product moment correlation formula and multiple correlation. The result showed that there is a significant relationship between parental attention and learning discipline with the learning outcomes of fifth grade students of SD Negeri 2 Hajimena in the 2020/2021 academic year, which is 0.51 at the moderate level. Keywords: learning discipline, learning outcomes, parental attention