%A 1543041001 Surizani Octavia Simanjuntak %T PENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN PADA TEKS PERSUASI BAGI SISWA SMP %X Masalah dalam penelitian ini adalah pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran pada teks persuasif bagi siswa SMP dan kelayakannya sebagai materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pembelajaran pada teks persuasif bagi siswa SMP dan kelayakannya sebagai materi ajar Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Metode ini diadopsi dari teori Borg and Gall yang memiliki sepuluh langkah. Akan tetapi, penelitian ini hanya memodifikasi metode tersebut menjadi enam langkah, observasi (pengumpulan informasi), perencanaan (perancangan produk), pelaksanaan (pengembangan produk), uji produk (uji ahli materi dan uji praktisi/guru Bahasa Indonesia), revisi produk, dan produk akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam langkah yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi (pengumpulan informasi), perencanaan produk, pengembangan produk, uji produk, revisi produk, dan produk akhir. Hasil uji kelayakan dari ahli materi didapatkan skor rata-rata 3,09 kategori sangat layak dengan presentase 77,25%, sedangkan uji praktisi didapatkan skor rata-rata 3,90 kategori sangat layak dengan presentase 97,5%. Kata kunci :pengembangan, lkpd dan teks persuasi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2021 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints68127