%0 Thesis %9 Masters %A YULIA PUSPITA, RESA %A UNILA, %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:68151 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA %U http://digilib.unila.ac.id/68151/ %X Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis DISCOVERY LEARNING dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini mengacu pada Borg & Gall dimulai dari studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain produk awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba lapangan awal, dan uji pelaksanaan lapangan. Data penelitian diperoleh menggunakan angket, observasi, wawancara dan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji t dan N-gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKPD berbasis DISCOVERY LEARNING dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa memiliki kategori valid dan praktis, dan n-gain rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik menggunakan LKPD berbasis DISCOVERY LEARNING dengan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 0,72. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh bahwa penggunaan LKPD berbasis DISCOVERY LEARNING dengan pendekatan kontekstual ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian, LKPD berbasis DISCOVERY LEARNING dengan pendekatan kontekstual ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci: LKPD berbasis discovery learning, pendekatan kontekstual, kemampuan komunikasi matematis