%0 Generic %A I GUSTI PUTU INDRA YOGA PRATAMA, 1715011046 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:68204 %I FAKULTAS TEKNIK %T STUDI EKSPERIMENTAL TEGANGAN DAN REGANGAN PERKERASAN SEMI LENTUR (SEMI FLEXIBLE PAVEMENT) AKIBAT PEMBEBANAN DINAMIS %U http://digilib.unila.ac.id/68204/ %X Perkerasan semi lentur adalah perkerasan yang memiliki gradasi terbuka dan sedikit sekali mengandung agregat halus. Oleh sebab itu perkerasan semi lentur memiliki pori-pori udara antara 15% - 28%. Pori-pori udara ini kemudian diisi pasta semen. Dengan demikian perkerasan ini mengkombinasikan kekuatan semen (sebagai perkerasan kaku) dan aspal (sebagai perkerasan lentur), sehingga kekuatan inilah yang membedakan dengan perkerasan konvensional lainnya. Stabilitas perkerasan semi lentur diharapkan akan bertambah besar dengan adanya penggabungan dua kekuatan tersebut (Sundahl dan Hede, 2002). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembebanan dinamis serta pola regangan pada campuran semi fleksibel dan AC-WC. Pada penelitian ini data hasil regangan yang diperoleh untuk benda uji Semi Fleksibel nilai rata-rata regangan untuk masing-masing pembebanan, untuk 0,7 MPa sebesar 82,5 µɛ, 0,6 MPa sebesar 64,8 µɛ, 0,5 MPa sebesar 43,7 µɛ dan untuk benda uji AC-WC nilai rata-rata regangan untuk masing-masing pembebanan, untuk 0,7 MPa sebesar 161 µɛ, 0,6 MPa sebesar 122,3 µɛ, 0,5 MPa sebesar 54,7 µɛ . Berdasarkan hasil analisis regangan yang terjadi pada benda uji Semi Fleksibel dan AC-WC terjadi perbandingan yang cukup signifikan untuk rata-rata nilai regangan pada masingmasing pembebanan, untuk 0,7 MPa sebesar 52%, 0,6 MPa sebesar 49%, 0,5 MPa sebesar 84%. Sehingga jika dilihat pada pembebanan 0,5 MPa kedua benda uji masih belum mengalami perbedaan signifikan pada nilai regangan. Kata kunci : Regangan, Tegangan, Perkerasan Semi Fleksibel, Pembebanan Dinamis