TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints68234 UR - http://digilib.unila.ac.id/68234/ A1 - Dela Aptanisa, 1653024009 Y1 - 2021/08/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Krui tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 157 siswa. Keseluruhan populasi dipilih sebagai sampel sehingga penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei dan menggunakan desain Ex Post Facto. Jenis data pada penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data hasil belajar kognitif dan data kualitatif berupa tanggapan siswa serta guru. Data diperoleh menggunakan instrumen soal dan angket yang dikumpulkan melalui Google Form. Data dianalisis secara deskriptif dengan menghitung persentase ketuntasan hasil belajar yang mengacu pada KKM dengan syarat ketuntasan secara klasikal sebesar >60% dan menghitung jumlah jawaban responden dari setiap pernyataan pada angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 71,33% dan sebagian besar hasil belajar siswa termasuk dalam kategori baik sekali, yaitu sebesar 43,94%, sehingga pembelajaran daring dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: efektivitas, hasil belajar kognitif, pembelajaran daring. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRUI AV - restricted ER -