TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints68325 UR - http://digilib.unila.ac.id/68325/ A1 - SAPUTRI, NURUL Y1 - 2023/01/04/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 17.1 Margomulyo Kabupaten Pesawaran semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Hasil analisis data penelitian menggunakan uji MannWhitney U dengan taraf ? = 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tingi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, problem based learning. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP 17.1 Margomulyo Kabupaten Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) AV - restricted ER -