creators_name: SAPUTRI, NURUL creators_id: 1813021012 type: other datestamp: 2023-01-16 05:40:46 lastmod: 2023-01-16 05:40:46 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP 17.1 Margomulyo Kabupaten Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023) ispublished: pub subjects: 370 subjects: 510 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 17.1 Margomulyo Kabupaten Pesawaran semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-A dan VIII-B yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Hasil analisis data penelitian menggunakan uji MannWhitney U dengan taraf α = 0,05 menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti model problem based learning lebih tingi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, disimpulkan bahwa model problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, problem based learning. date: 2023-01-04 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: SAPUTRI, NURUL (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP 17.1 Margomulyo Kabupaten Pesawaran Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/68325/1/1.%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/68325/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/68325/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf