TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints68336 UR - http://digilib.unila.ac.id/68336/ A1 - ADELA , VERAWATI Y1 - 2022/12/22/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 279 siswa yang terdistribusi ke dalam 9 kelas secara heterogen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E dan VIII-F yang masing masing terdiri dari 31 siswa yang terpilih dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa Median data skor peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran problem posing lebih tinggi daripada median data skor peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, metode pembelajaran problem posing berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMPN 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023) AV - restricted ER -