%0 Generic %A Rinda Nada Kurnia, 1714231025 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:68380 %I FAKULTAS PERTANIAN %T STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK KERUPUK IKAN GABUS (CHANNA STRIATA) (Studi Kasus UMKM Diana Di Desa Meranjat Kabupaten Ogan Ilir) %U http://digilib.unila.ac.id/68380/ %X Salah satu upaya untuk melakukan penganekaragaman pangan adalah dengan cara diversifikasi, terutama dalam mengembangkan produk kerupuk berbahan dasar ikan gabus, karena ikan gabus memiliki protein yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan produk kerupuk ikan gabus di UMKM Diana 2) menentukan strategi pengembangan produk kerupuk ikan gabus di UMKM Diana. Metode analisis yang digunakan dalam analisis SWOT. Tahapan analisis SWOT 1) identifikasi faktor internal dan eksternal; 2) penentuan matriks IFE dan EFE; 3) penentuan matriks posisi; dan 4) diagram matriks SWOT. Hasil dari penelitian adalah kekuatan terbesar yaitu rasa dan kualitas yang baik sedangkan kelemahan terbesar yaitu jenis produk olahan dari ikan gabus belum dikembangkan. Peluang utamanya yaitu potensi pasar produk ikan gabus yang luas sedangkan ancaman terbesar adalah perubahan selera konsumen berpengaruh terhadap pembelian produk. Berdasarkan hasil penelitian menurut penjual dan pembeli menunjukkan bahwa alternatif strategi pengembangan yang tepat adalah strategi S-O (kekuatan) – (Peluang). Strategi ini menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada diantaranya: 1) Potensi ketersediaan bahan baku ikan gabus yang mudah didapatkan; 2) sarana dan prasarana yang baik dapat mempengaruhi kualitas produk; 3) lokasi yang strategis dan media promosi yang berkembang. Selanjutnya, strategi S-T (kekuatan) – (ancaman), strategi S-T terbaik diantaranya: 1) produk kerupuk berbahan dasar ikan gabus yang sudah memiliki rasa serta kualitas yang baik; 2) dapat meningkatkan ketertarikan konsumen (brand awarenesss) terhadap produk tersebut; dan 3) dapat bersaing dengan kompetitor produk yang sejenis. Kata Kunci : Analisis SWOT, UMKM Diana, Strategi pengembangan produk kerupuk ikan gabus.