@misc{eprints68400, month = {Desember}, title = {PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MAKRO TERHADAP KETERAMPILAN MEMBANTU DIRI (SELF HELP SKILL) ANAK KELOMPOK B (Studi Eksperimen di TK Amarta Tani HKTI Kelurahan Kampung Baru Raya Kecamatan Labuhan Ratu Bandar Lampung)}, author = {BERNADETA CHIKA PRASETYA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/68400/}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak anak usia dini yang belum terampil dalam membantu dirinya sendiri seperti tidak membawa barangnya sendiri ketika di sekolah, dan masih ada beberapa anak yang belum bisa memakai baju sendiri serta terbiasa didampingi, dibantu, dan juga dilayani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran makro terhadap keterampilan membantu diri (self help skill) anak kelompok B di TK Amarta Tani HKTI. Jenis pendekatan penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-randomized pre-test posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik Uji-T dengan Independent-Sample T-Test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa didapatkan hasil bahwa selisih rata-rata nilai pre-test dan nilai post-test kelas eksperimen yang diberikan perlakuan lebih besar dibandingkan dengan selisih rata-rata nilai pre-test dan nilai post-test kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Kata Kunci: bermain peran makro, keterampilan membantu diri} }