%A Hanifah Aulia %T EFEKTIVITAS DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Desain yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam 10 kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G dan VIII H yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dalam bentuk uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Hasil uji proporsi diperoleh bahwa proporsi siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis terkategori baik pada kelas yang menggunakan pembelajaran discovery lebih dari 60%. Dengan demikian, discovery learning efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi?matematis. %D 2022 %C Universitas Lampung %R 1813021014 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints68430