%0 Generic %A IKA , WIDIYA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:68466 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %T STRATEGI HUMAS MELALUI MEDIA RELATIONS DALAM MEMPERBAIKI CITRA TERHADAP KINERJA DPRD KOTA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/68466/ %X Humas pemerintah memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Informasi yang diberikan kepada masyarakat harus akurat, mudah di pahami, serta cepat di terima oleh masyarakat. Karena akan menjadi pengaruh besar terhadap citra pemerintah ketika masyarakat tidak mendapatkan informasi yang akurat. Begitu juga dengan humas DPRD Kota Bandar Lampung yang berupaya mempublikasikan informasi kegiatan DPRD Kota Bandar Lampung dengan optimal. Publikasi ini melibatkan media-media lokal yang ada di Kota Bandar Lampung, sehingga memudahkan humas DPRD Kota Bandar Lampung dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat secara cepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi humas melalui media relations dalam menjaga citra terhadap kinerja DPRD Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan Teori Relationship Management. Tipe penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dan wawancara. Penelitian ini menyimpulkan hasil bahwa humas DPRD Kota Bandar Lampung mempunyai tiga strategi, yaitu strategi operasional, strategi pendekatan persuasif, dan strategi pendekatan kerjasama. Dalam menjalakan media relations, humas DPRD Kota Bandar Lampung melakukan empat strategi yaitu pendekatan secara personal, news service, media visit, dan melakukan peliputan bersama. Di temukan juga bahwa humas DPRD Kota Bandar Lampung memiliki keterbatasan wewenang dalam menjalankan tugasnya untuk menyelenggarakan konverensi pers, media gathering, coffe morning, resepsi pers, dan pers tour. Kata kunci : humas pemerintah, media relations, citra Government public relations has a very important role for the public to get the information they need. The information provided to the public must be accurate, easy to understand, and quickly received by the public. Because it will be a great influence on the image of the government when the people do not get accurate information. Likewise with the public relations of the Bandar Lampung City DPRD which seeks to publish information on the activities of the Bandar Lampung City DPRD optimally. This publication involves local media in Bandar Lampung City, making it easier for public relations of the Bandar Lampung City DPRD to disseminate information to the public quickly and efficiently. This study aims to find out how the public relations strategy through media relations in maintaining the image of the Bandar Lampung City DPRD. This research uses Relationship Management Theory. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques are carried out by means of observation, and interviews. This study concluded the results that the public relations of the Bandar Lampung City DPRD have three strategies, namely operational strategy, persuasive approach strategy, and cooperation approach strategy. In running media relations, the public relations of the Bandar Lampung City DPRD carried out four strategies, namely a personal approach, news service, media visits, and joint reporting. It was also found that the public relations of the Bandar Lampung City DPRD have limited authority in carrying out their duties to organize press convergences, media gatherings, morning conferences, press receptions, and press tours. Keywords : government public relations, media relations, image