%0 Generic %A ASEP BAHRUL HAYAT, 0853021010 %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:6847 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/6847/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Number Head Together dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester ganjil SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013 dan sampel penelitian diperoleh dengan cara memilih dua kelas dari empat kelas secara acak yaitu kelas VIII A dan VIII B. Data pemahaman konsep matematis siswa dianalisis menggunakan uji kesamaan dua rata- rata. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung.