title: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGANYAR creator: META , YULIYANA subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: LKPD menjadi syarat dalam implementasi pembelajaran abad 21, LKPD berbasis PjBL merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan efektivitas LKPD berbasis PjBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D), pengembangan dilakukan mengacu pada teori Borg & Gall. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Gugus Teuku Umar, Kec. Jatiagung, Kab. Lampung Selatan, Lampung. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh sebanyak 20 peserta didik. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data kevalidan menunjukkan LKPD berbasis PjBL sangat valid untuk digunakan. Teknik analisis data efektifitas menggunakan N-Gain dengan hasil perhitungan 0,56 dengan signifikansi 0,00<0,05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PjBL yang dikembangkan valid dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Keywords: Berpikir Kritis, LKPD, Model Pembelajaran Berbasis Proyek . abstract Critical thingking is a requirement in implementing 21st century learning, worksheet based on the PjBL are an alternative to increasing students' critical thingking skill of student . This study aims to determine the validity and effectiveness of worksheet based on the PjBL to increase students' critical thingking skill. This research is a Research and Development (R&D) type of research, the development is carried out referring to the theory of Borg & Gall. The population of this research is the fourth grade students of SD Gugus Tueku Umar, Kec. Karanganyar, Lampung. Subjects in this study were determined using purposive sampling technique obtained as many as 20 students. The data collection tool uses a valid and reliable test instrument. The validity data analysis technique shows that worksheet based on the PjBL are very valid to be used. Effectiveness data analysis technique uses N-Gain with calculation results of 0.56 with a significance of 0.00 <0.05. Based on this research, it can be concluded that the worksheet based on the PjBL developed are valid and effective for improving the critical thinking skills of elementary school students. Keywords: Critical Thinking, Project Based Learning, Worksheet. date: 2022-12-12 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/68477/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/68477/3/TESIS%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/68477/2/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: META , YULIYANA (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 KARANGANYAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/68477/