TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints68510 UR - http://digilib.unila.ac.id/68510/ A1 - AL-FIKRI , MUHAMMAD HELMI Y1 - 2022/12/05/ N2 - Film adalah media komunikasi yang bersifat audio visual untuk menyampaikan suatu pesan kepada sekelompok orang yang berkumpul di suatu tempat tertentu. Berbagai tema film telah diproduksi sebagai sarana hiburan maupun penyampaian pesan bagi khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan jenis tanda yang dipergunakan selaku representasi pesan moral pada film Squid Game dan mengetahui makna denotasi, konotasi, dan mitos dalam film ?Squid Game?. Tipe penelitian yang digunakan ialah tipe penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Sumber data dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dari sumber pustaka, dokumentasi dan observasi film. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis untuk mendapatkan jawaban penelitian. Hasil penelitian didapatkan bahwa dalam Film Squid Game mengandung banyak arti tersirat. Melalui analisis yang dilakukan berdasarkan teori semiotika oleh Roland Barthes, peneliti menemukan pesan moral utama yang terdapat dalam film ini yang ditampilkan melalui makna denotatif, konotatif beserta mitos. Melalui analisis yang dilakukan melalui penggunaan teori semiotika oleh Roland Barthes, peneliti menemukan pesan moral yang terdapat dalam film ini yang ditampilkan melalui makna denotatif, konotatif beserta mitos beracuan pada konsep moral utilitarian yang dikembangkan oleh Jerremy Bentham. Pada film ini jelas membukakan mata penonton tentang bagaimana seseorang akan mendapatkan sesuatu dari hasil kerja keras dan usaha yang menghasilkan manfaat dalam diri kita. Kata kunci: Film Squid Game, pesan moral, representasi. The film is an audio-visual communication medium to convey a message to a group of people gathered in a certain place. Various film themes have been produced as a means of entertainment and conveying messages to the audience. This study aims to identify the types of signs that are used as representations of moral messages in the Squid Game film and to find out the meaning of denotation, connotation, and myth in the film "Squid Game". The type of research used is a type of qualitative research that is descriptive. This study uses Roland Barthes' semiotic analysis. Sources of data in this study were primary data and secondary data obtained from library sources, film documentation, and observation. After the data is collected then analysed to get research answers. The results of the study found that the Squid Game film contains many implied meanings. Through an analysis based on the theory of semiotics by Roland Barthes, the researcher found the main moral message contained in this film which is displayed through denotative, connotative, and mythical meanings. Through the analysis carried out through the use of semiotic theory by Roland Barthes, the researcher found the moral message contained in this film which is displayed through denotative, connotative, and mythical meanings referring to the utilitarian moral concept developed by Jerremy Bentham. This film opens the eyes of the audience to how someone will get something from hard work and effort that produces benefits for us. Keywords: Squid Game film, moral message, representation. PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM FILM SQUID GAME AV - restricted ER -