@misc{eprints6853, month = {Pebruari}, title = {PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)}, author = {0913021027 AMALIA ZULVIA WIDYANINGRUM}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6853/}, abstract = {Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis siswa, dengan postest only control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Batanghari tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-5 yang diambil secara purposive random sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui rata-rata pemahaman konsep matematis siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih baik daripada rata-rata pemahaman konsep matematis pada kelas konvensional pada taraf nyata 5\%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa.} }