<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n"^^ . "\r\nPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis produk pengembangan instrumen\r\npenilaian kinerja dan menganalisis perbedaan efektivitas produk pengembangan\r\ninstrumen penilaian kinerja dengan yang tidak menggunakan produk\r\npengembangan instrumen penilaian kinerja pada pembelajaran tematik terpadu\r\nberbasis kearifan lokal kelas II Sekolah Dasar. Jenis penelitian dan pengembangan\r\nyang digunakan merujuk pada teori Research and Development (R&D) Borg and\r\nGall. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas II sebanyak 112 siswa\r\ndi Gugus Raden Imba Kusuma Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung\r\nTengah. Sampel dalam penelitian ini adalah SD Negeri 1 Tempuran sebagai kelas\r\neksperimen dan SD Negeri 1 Simbarwaringin sebagai kelas kontrol. Teknik\r\npengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi,\r\ndan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan\r\npenelaahan data dan analisis deskriptif kuantitatif menggunakan untuk data\r\nvaliditas ahli, kepraktisan produk, validitas dan reliabilitas instrumen penelitian,\r\nuji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan\r\nnilai rata-rata validasi ahli 92,32% dengan kriteria sangat layak, uji kepraktisan\r\nproduk oleh 5 (lima) guru memiliki nilai rata-rata 85,55% dengan kriteria sangat\r\npraktis, setiap skor lembar observasi penilaian kinerja valid dengan rHitung > rTabel\r\n(signifikansi 0,05), nilai reliabilitas Cronbach's Alpha sebesar 0,981 dengan\r\nkategori tinggi, normalitas data berdistribusi normal, varian data homogen nilai\r\nsignifikansi sebesar 0,102, dan uji hipotesis menunjukkan nilai tHitung yaitu sebesar\r\n16,448 dan tTabel (df-48, α=5%) sebesar 1,677. Hal ini berarti tHitung ≥ tTabel, α=5%.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk pengembangan instrumen\r\npenilaian kinerja pada pembelajaran tematik terpadu berbasis kearifan lokal kelas\r\nII Sekolah Dasar efektif.\r\nKata Kunci : Instrumen Penilaian Kinerja, Pembelajaran Tematik Terpadu,\r\nKearifan Lokal\r\n\r\n\r\nThis study aims to analyze performance assessment instrument development\r\nproducts and analyze the differences in the effectiveness of performance\r\nassessment instrument development products with those that do not use\r\nperformance assessment instrument development products in integrated thematic\r\nlearning based on local wisdom class II Elementary School. The type of research\r\nand development used refers to Borg and Gall's Research and Development\r\n(R&D) theory. The population in this study was 112 class II elementary school\r\nstudents in the Gugus Raden Imba Kusuma, Trimurjo District, Central Lampung\r\nRegency. The samples in this study were SD Negeri 1 Tempuran as an\r\nexperimental class and SD Negeri 1 Simbarwaringin as a control class. Data\r\ncollection techniques in this study are observation, interviews, documentation, and\r\nquestionnaires. Data analysis techniques use qualitative descriptive analysis with\r\ndata review and quantitative descriptive analysis using expert validity data\r\nanalysis, product practicality, validity and reliability of research instruments,\r\nnormality tests, homogeneity tests, and hypothesis tests. The results showed an\r\naverage value of expert validation of 92.32% with very feasible criteria, product\r\npracticality test by 5 (five) teachers has an average score of 85.55% with very\r\npractical criteria, each performance assessment observation sheet score is valid\r\nwith rCalculate > rTable (significance 0.05), Cronbach's Alpha reliability value of\r\n0.981 with a high category, normality of normally distributed data, homogeneous\r\ndata variance significance value of 0.102, and the hypothesis test showed a tCalculate\r\nvalue of 16.448 and a tTable (df-48, α=5%) of 1.677. This means tCalculate ≥ tTable,\r\nα=5%. The results of this study show that the product of developing performance\r\nassessment instruments in integrated thematic learning based on local wisdom in\r\nclass II elementary schools is effective.\r\nKey Word : Performance Assessment Instruments, Integrated Thematic\r\nLearning, Local Wisdom\r\n"^^ . "2023-01-17" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "MERIKA"^^ . "DESTI "^^ . "MERIKA DESTI "^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (File PDF)"^^ . . . "TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #68567 \n\nPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS KEARIFAN LOKAL KELAS II SEKOLAH DASAR \n\n\n" . "text/html" . . . "380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi" . .