%A 1118011080 Muhammad Fadlilah %T HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TAHUN KE-4 PADA BLOK EMERGENCY FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG %X ABSTRAK HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA TAHUN KE-4 PADA BLOK EMERGENCY FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG Oleh MUHAMMAD FADLILAH Motivasi belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa tahun ke-4 pada blok emergency Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-analitik dengan pendekatan studi potong lintang. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung tahun ke empat (angkatan 2011) yang terdiri dari 139 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar adalah lembar kuesioner Motivated Strategies for Learning Quetionnaire (MSLQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 111 orang mahasiswa, terdapat 88 (79,3%) mahasiswa dengan motivasi tinggi dan terdapat 23 (20,7%) mahasiswa dengan motivasi rendah. Mahasiswa yang motivasi belajarnya tinggi memiliki nilai rerata ujian akhir blok sebesar 54,35 dan pada mahasiswa yang motivasi belajarnya rendah memiliki nilai rerata sebesar 39,52. Data diuji secara statistik dengan uji Mann-Whitney dan didapatkan nilai p 0,00. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara motivasi dengan hasil belajar mahasiswa tahun ke-4 pada blok emergency Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: blok emergency, hasil belajar, motivasi. ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF MOTIVATION WITH STUDENT ACHIEVEMENT AT FOURTH YEAR MEDICAL STUDENT ON EMERGENCY BLOCK MEDICAL FACULTY UNIVERSITY OF LAMPUNG By MUHAMMAD FADLILAH Motivation is one factor that influence student achievement. The purpose of this study was to investigated the relationship of motivation with student achievement at fourth year medical student on emergency block Medical Faculty University of Lampung. This study was a descriptive-analytic cross-sectional study. The sample consisted of 139 fourth- year students in Medical Faculty University of Lampung. The instrument that used to determine motivation was Motivated Strategies for Learning Quetionnaire (MSLQ). The result showed that from 111 students, there were 88 (79,3%) students with high motivation and 23 (20,7%) students with low motivation. The mean value of final block examination result of students with high motivation was 54,35 and mean value of final block examination result of students with low motivation was 39,52. Data was statistically tested using Mann-Whitney test and result of p value was 0,00. The conclusion of this study there was significant relationship of motivation with student achievement at fourth year medical student on emergency block in Medical Faculty University of Lampung. Keywords: emergency block, motivation, student achievement %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Kedokteran %L eprints6859