creators_name: Anggi Saputra, 1013079183 creators_id: anggi_s88@yahoo.com type: other datestamp: 2015-02-04 07:03:45 lastmod: 2015-02-04 07:03:45 metadata_visibility: show title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI BUMISARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015 ispublished: pub subjects: ilmu full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V A Sekolah Dasar Negeri Bumisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian adalah melakukan perbaikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V A Sekolah Dasar Negeri Bumisari melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Metode yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikenal dengan Classroom Action Research, dan dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sedangkan alat pengumpul data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar, serta analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas belajar siswa, hasil belajar IPS, dan kinerja guru semakin meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar (60%) dan siklus 2 (80%), maka terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (20%). Hasil belajar IPS pada siklus 1 sebesar (64) dan siklus 2 sebesar (80), maka terjadi peningkatan hasil belajar IPS dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (16). Kinerja guru pada siklus 1 sebesar (75) dan siklus 2 sebesar (87,5), maka terjadi peningkatan kinerja guru dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar (12,5). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, karena dalam prose pembelajarannya siswa terlibat secara aktif dan kreatif. date: 2015-01-08 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar thesis_type: other citation: Anggi Saputra, 1013079183 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V A SEKOLAH DASAR NEGERI BUMISARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/3/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/4/KATA%20PENGANTAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/5/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/6/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/15/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/14/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/9/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/16/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/10/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/19/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/20/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/18/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/21/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/6861/12/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf