TY - GEN CY - Pendidikan Kimia ID - eprints68611 UR - http://digilib.unila.ac.id/68611/ A1 - Wati, Mella Ambar Y1 - 2022/12/23/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas blended project based learning pengolahan limbah kulit singkong (blended PjBLPLKS) dalam mening- katkan keterampilan berfikir kreatif (KBK) siswa kelas XI. Metode dalam peneli- tian ini adalah kuasi eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Popu- lasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Way Serdang Tahun Pelajaran 2022/2023, yang berada di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sam- pling, sehingga didapatkan sampel penelitian yaitu kelas XI MIPA 2. Teknik ana- lisis data yang digunakan yaitu n-gain dan uji satistik parametrik yaitu dependent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 80,56% siswa yang memiliki n-gain dengan kategori minimal sedang dan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postes dengan pretes. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa blended PjBLPLKS efektif dalam meningkatkan KBK siswa. Kata kunci : blended project based learning, keterampilan berpikir kreatif, limbah kulit singkong PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS BLENDED PROJECT BASED LEARNING PENGOLAHAN LIMBAH KULIT SINGKONG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS XI AV - restricted ER -