%0 Thesis %9 Masters %A FEVI , YUNITA %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:68614 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2023045002 %T PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATERI BUBALAHAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI DI KELAS X SMK %U http://digilib.unila.ac.id/68614/ %X Pemasalahan yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan LKPD materi Bubalahan menggunakan metode Demonstrasi di kelas X SMK dan kelayakan LKPD. Tujuan penelitian yakni menghasilkan produk LKPD dan mendeskripsikan kelayakan produk “LKPD materi Bubalahan menggunakan metode Demonstrasi di kelas X SMK”. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan mengadopsi tujuh dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Subjek penelitian ini adalah validator, yakni terdiri dari dua orang Dosen meliputi ahli materi, ahli media, praktisi bahasa dan aksara Lampung dan Siswa SMK Negeri 1 Terbanggi Besar, SMK Negeri 2 Terbanggi Besar, SMK Negeri 3 Terbanggi Besar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, angket. Kegiatan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Instrumen penelitian menggunakan skala likert dan kuesioner.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan “LKPD materi Bubalahan menggunakan metode Demonstrasi di kelas X SMK” dan (2) LKPD Bubalahan yang dikembangkan tergolong ke dalam kategori sangat layak. Hasil uji coba ahli mendapatkan kategori sangat layak dengan perolehan penilaian ahli materi 84,7, ahli media dengan perolehan penilaian 87,5 dan praktisi mendapatkan perolehan penilaian 90,3. Selain uji validasi para ahli, uji kelayakan berdasarkan pendapat dan pandangan siswa sebagai pengguna LKPD memperoleh penilaian 91,4 dengan kategori sangat layak. Adapun kelayakan berdasarkan pendapat dan pandangan siswa sebagai penggunan meliputi tiga aspek, yakni penilaian aspek sajian memperoleh penilaian 93,1, aspek kebahasaan memperoleh 87,5, dan aspek kegrafisan memperolah penilaian 93,7. Kata kunci: LKPD, Bubalahan, Demonstrasi. The problems discussed in this study are related to the development of LKPD material Bubalahan using the Demonstration method in class X SMK and the feasibility of LKPD. The research objective is to produce LKPD products and describe the feasibility of the product "Bubalahan material LKPD using the Demonstration method in class X SMK". This study uses the Research and Development method by adopting seven of the ten steps of Borg and Gall's development research. The subject of this study was the validator, which consisted of two lecturers including material experts, media experts, Lampung language and script practitioners and students of SMK Negeri 1 Terbanggi Besar, SMK Negeri 2 Terbanggi Besar, SMK Negeri 3 Terbanggi Besar. Data collection techniques in this study are documentation, observation, interviews, questionnaires. Data analysis activities in this study used descriptive analysis. The research instrument used a Likert scale and a questionnaire. The results of the study showed that (1) the Bubalahan material LKPD was successfully developed using the demonstration method in class X SMK and (2) the developed Bubalahan LKPD belonged to the very feasible category. The results of the expert trial were in the very proper category with a material expert rating of 84,7, media experts with an assessment of 87,5, and practitioners obtaining a rating of 90,3. In addition to the expert validation test, the due diligence test based on the opinions and views of students as LKPD users obtained an assessment of 91.4 in the very proper category. The feasibility based on students opinions and views as usage includes three aspects, namely the presentation aspect rating obtains a 93.1 rating, the linguistic aspect obtains an 87.5 rating, and the graphical aspect obtains a 93.7 rating. Keywords: LKPD, Bubalahan, Demonstration.