<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL"^^ . "Kemajuan teknologi digital yang semakin pesat secara signifikan mempengaruhi\r\npara pelaku usaha tidak terkecuali UMKM. Inovasi teknologi digital yang tumbuh\r\npesat serta ada kemampuan luar biasa guna kemajuan UMKM yaitu media digital\r\nsehingga menghasilkan tren pemasaran baru. Tujuan penelitian ini untuk\r\nmenganalisis apakah ada perbedaan omzet penjualan, modal usaha, keuntungan,\r\nproduksi, jumlah pembeli dan tenaga kerja sebelum menggunakan media sosial\r\ndan sesudah menggunakan media sosial sebagai alat bantu promosi dan penjualan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif dengan\r\nanalisis komparatif dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 89 responden\r\npelaku UMKM bidang Kuliner di Kota Bandar Lampung dengan kriteria Mikro\r\ndan kecil yang menggunakan media sosial sebagai alat bantu promosi dan\r\npenjualan. Hasil dari penelitian ini terdapat peningkatan antara sebelum dan\r\nsesudah menggunakan media sosial pada variabel omzet penjualan 24%, modal\r\nusaha 24,5%, keuntungan 28,8%, jumlah produksi 25%, jumlah pembeli 25%, dan\r\njumlah tenaga kerja. Artinya media sosial berpengaruh terhadap pengembangan\r\nUMKM bidang Kuliner di Kota Bandar Lampung.\r\nKata Kunci : Media Sosial, UMKM, Pengembangan UMKM\r\nThe rapid advancement of digital technology has significantly affected business\r\nactors, including MSMEs. Digital technology innovations are growing rapidly and\r\nthere is extraordinary ability for the progress of MSMEs, namely digital media so\r\nas to produce new marketing trends. The purpose of this study was to analyze\r\nwhether there were differences in sales turnover, venture capital, profits,\r\nproduction, number of buyers and workforce before using social media and after\r\nusing social media as a sales and promotion tool. This research is a field research\r\nusing quantitative methods with comparative analysis with a total sample of 89\r\nrespondents in Culinary MSME actors in Bandar Lampung City by distinguishing\r\nMicro and Small who use social media as a promotion and sales tool. The results\r\nof this study showed that there were differences between before and after using\r\nsocial media in the variables of sales turnover 24%, venture capital 24.5%, profit\r\n28.8%, total production 25%, number of buyers 25%, and number of workers.\r\nThis means that social media has an effect on the development of Culinary\r\nMSMEs in the City of Bandar Lampung.\r\nKeywords: Social Media, UMKM, Development of UMKM"^^ . "2022-12-16" . . . . . "UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . "FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . . . . . . . . . "YUSTIA ARINDA .T"^^ . "ANGGUN "^^ . "YUSTIA ARINDA .T ANGGUN "^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (File PDF)"^^ . . . "abstrak-2-3.pdf"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (File PDF)"^^ . . . "tanpa bab pembahasan fix.pdf"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (File PDF)"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . . "PERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER\r\nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH\r\nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #68621 \n\nPERKEMBANGAN UMKM BIDANG KULINER \nDI KOTA BANDAR LAMPUNG : SEBELUM DAN SESUDAH \nPENGGUNAAN MEDIA SOSIAL\n\n" . "text/html" . . . "330 Ekonomi" . .