%0 Generic %A Evi Susilawati, 0913021043 %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:6864 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung TP 2012/2013) %U http://digilib.unila.ac.id/6864/ %X Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Negeri 5 Bandarlampung tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian adalah siswa kelas X.3 dan X.6 yang diambil dengan teknik purposive sampling dan desain yang digunakan adalah posttest only control design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi TAPPS lebih baik dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan strategi TAPPS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013.