TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints6866 UR - http://digilib.unila.ac.id/6866/ A1 - Herlina, 1013110006 Y1 - 2013/02/04/ N2 - Hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Gadingrejo rendah yang ditunjukkkan dengan persentase siswa tuntas belajar matematika berdasarkan ulangan harian I semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 hanya mencapai 50% dengan rata-rata nilai 64,1. Rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa disebabkan karena pembelajaran yang monoton dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII.2 semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Data aktivitas siswa diperoleh melalui observasi selama pembelajaran berlangsung dan data pemahaman konsep matematika diperoleh melalui tes akhir siklus. Dari penelitian ini diperoleh bahwa persentase siswa aktif dan persentase siswa tuntas pemahaman konsep dari siklus ke siklus meningkat hingga pada siklus akhir berturut-turut mencapai 81,25% dan 68,75%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Gadingrejo semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA (Studi pada Siswa Kelas VII.2 Semester Ganjil SMP Negeri 1 Gadingrejo Tahun Pelajaran 2012/2013) AV - restricted ER -