%A Mardiah %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL Pada Siswa Kelas V A SDN 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012 %X Pembelajaran metematika di kelas V A SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung belum mencapai hasil yang memuaskan. Aktivitas belajar siswa masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar tersebut karena pembelajaran masih didominasih oleh guru. Siswa hanya mengafal dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran. Akibat rendahnya aktivitas tersebut, siswa kurang menahami konsep matematika yang dipelajari. Pembelajaran dilakukan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi aktivitas dan tes setiap siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan bertujuan untuk mengetahui apakah aktivitas dan pemahaman konsep metematika mengalami peningkatan melalui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V A SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual meningkat sebesar 69,44% dan pemahaman konsep sebesar 73,68% pada siswa kelas V semester ganjil SD Negeri 1 Perumnas Way Halim Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012. Kata kunci: Aktivitas, Pemahaman Konsep, Pembelajaran Kontekstual %C Universitas Lampung %D 2011 %I Fakultas KIP %L eprints687