@misc{eprints6871, month = {Pebruari}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung T.P. 2012/2013)}, author = {0913021019 WENY ATIKA}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/6871/}, abstract = {Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran probing-prompting ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Probing-prompting adalah model pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menggali dan menuntun sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan setiap siswa dan pengalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 242 siswa dan terdistribusi dalam tujuh kelas dengan rata-rata nilai kemampuan kognitif 49,60. Sampel dalam penelitian ini adalah X7 dan X5 yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control group design. Data penelitian ini adalah data pemahaman konsep matematis siswa yang berupa data kuantitatif dan diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematis. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian, yaitu tes pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran probing-prompting efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas X Semester Genap SMA Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 pada materi Trigonometri.} }