%0 Generic %A Serly, Merlinda %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:68835 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T Hubungan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak %U http://digilib.unila.ac.id/68835/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kompetensi profesional dengan kinerja guru di Taman Kanak-Kanak se-kelurahan Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden penelitian yaitu guru di Taman Kanak-Kanak se-kelurahan Beringin Raya Kemiling Bandar Lampung sejumlah 30 guru dari populasi penelitian sebanyak 42 guru. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuisioner. Analisis statistik yang digunakan adalah korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53,33% guru mampu memiliki skor kompetensi profesional diatas nilai rata-rata dan sebanyak 50% guru mampu memiliki skor kinerja diatas nilai rata-rata. Hasil analisis menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan sangat kuat antara kompetensi pofesional dengan kinerja guru Taman Kanak-Kanak. Hal ini dikarenakan besarnya nilai sig. 0,000 < 0,005 dan nilai korelasinya sebesar 0,810.