%0 Thesis %9 Masters %A FAILA, SOVA %B FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %D 2023 %F eprints:68972 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %P 2023021013 %T Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa %U http://digilib.unila.ac.id/68972/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta menguji kevalidan, kepraktis dan kefektif produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended memiliki katagori valid/layak digunakan berdasarkan penilaian validator dan memiliki katagori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan guru matematika. Berdasarkan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended dan kelas yang tidak menggunakan Open-Ended dalam PBL. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis