TY - THES ID - eprints68972 UR - http://digilib.unila.ac.id/68972/ A1 - FAILA, SOVA Y1 - 2023/02/01/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta menguji kevalidan, kepraktis dan kefektif produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended memiliki katagori valid/layak digunakan berdasarkan penilaian validator dan memiliki katagori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan guru matematika. Berdasarkan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended dan kelas yang tidak menggunakan Open-Ended dalam PBL. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis PB - UNIVERSITAS LAMPUNG M1 - masters TI - Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa AV - restricted EP - 2023021013 ER -