creators_name: FAILA, SOVA creators_id: 2023021013 type: thesis datestamp: 2023-02-08 07:54:58 lastmod: 2023-02-08 07:54:58 metadata_visibility: show title: Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa ispublished: pub subjects: 510 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta menguji kevalidan, kepraktis dan kefektif produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan (research and development) ini mengacu pada langkah-langkah Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended memiliki katagori valid/layak digunakan berdasarkan penilaian validator dan memiliki katagori praktis berdasarkan penilaian siswa dan tanggapan guru matematika. Berdasarkan uji-t diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas yang menggunakan desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended dan kelas yang tidak menggunakan Open-Ended dalam PBL. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa desain pembelajaran PBL dengan pendekatan Open-Ended yang dikembangkan valid, praktis serta efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Open-Ended, Kemampuan Berpikir Kritis date: 2023-02-01 date_type: published pages: 2023021013 institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: FAILA, SOVA (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Problem Based Learing(PBL) dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/68972/1/Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/68972/2/TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/68972/3/TESIS.pdf