?url_ver=Z39.88-2004&rft_id=1918011015&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=HUBUNGAN+ANTARA+REGULASI+DIRI+DENGAN+KESIAPAN+BELAJAR+MANDIRI+PADA+MAHASISWA+TAHUN+KEDUA+%0D%0APROGRAM+STUDI+PENDIDIKAN+DOKTER+FAKULTAS+%0D%0AKEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG&rft.creator=DIAN+PUSPITA%2C+LARASATI&rft.subject=610+Ilmu+kedokteran%2C+ilmu+pengobatan+dan+ilmu+kesehatan&rft.description=Latar+belakang%3A+Mahasiswa+kedokteran+adalah+seseorang+yang+menempuh+pendidikan+di+perguruan+tinggi+yang+mempelajari+ilmu+kedokteran+dengan+asumsi+memiliki+tujuan+menjadi+dokter.+Dalam+meraih+tujuan%2C+mahasiswa+kedokteran+didukung+oleh+kurikulum+SPICES+(Student+centered%2C+Problem+based%2C+Integrated%2C+Community+based%2C+Electives%2C+dan+Systematic)+sehingga+mahasiswa+dituntut+untuk+dapat+aktif%2C+mandiri%2C+dan+mampu+memecahkan+masalah.+Oleh+karena+itu%2C+tujuan+penelitian+ini+untuk+mengetahui+hubungan+antara+regulasi+diri+dengan+kesiapan+belajar+mandiri+pada+mahasiswa+tahun+kedua+Program+Studi+Pendidikan+Dokter+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung.%0D%0AMetode%3A+Desain+penelitian+ini+adalah+penelitian+kuantitatif+dengan+pendekatan+cross-sectional.+Sampel+yang+digunakan+adalah+mahasiswa+tahun+kedua+Program+Studi+Pendidikan+Dokter+Fakultas+Kedokteran+Universitas+Lampung+yang+berjumlah+186+sampel+terpilih+dengan+teknik+total+sampling.+Data+dikumpulkan+dengan+pengisian+The+Short+Self+Regulation+Questionnaire+(TSSRQ)+dan+Self+Directed+Learning+Readiness+Scale+(SDLRS).+Data+dianalisis+dengan+uji+Spearman+Rank+Correlation.%0D%0AHasil%3A+Terdapat+71%2C5%25+responden+memiliki+regulasi+diri+yang+sedang%2C+28%2C5%25+responden+memiliki+regulasi+diri+yang+tinggi%2C+75%2C8%25+responden+memiliki+kesiapan+belajar+mandiri+yang+tinggi%2C+24%2C2%25+responden+memiliki+kesiapan+belajar+mandiri+yang+sedang%2C+dan+tidak+terdapat+responden+yang+memiliki+regulasi+diri+dan+kesiapan+belajar+mandiri+yang+rendah.+Hasil+uji+analisis+Spearman+Rank+Correlation+menunjukkan+terdapat+hubungan+dengan+arah+positif+yang+kuat+antara+regulasi+diri+dengan+kesiapan+belajar+mandiri+yang+dibuktikan+dengan+P-value%3D0%2C001+%3C+0%2C05+dan+koefisien+korelasi+0%2C622.%0D%0ASimpulan%3A+Terdapat+hubungan+antara+regulasi+diri+dengan+kesiapan+belajar+mandiri+pada+mahasiswa+kedokteran.%0D%0A%0D%0AKata+kunci%3A+Kesiapan+belajar+mandiri%2C+mahasiswa+kedokteran%2C+regulasi+diri&rft.publisher=FAKULTAS+KEDOKTERAN&rft.date=2023-01-25&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69002%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69002%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69002%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++DIAN+PUSPITA%2C+LARASATI++(2023)+HUBUNGAN+ANTARA+REGULASI+DIRI+DENGAN+KESIAPAN+BELAJAR+MANDIRI+PADA+MAHASISWA+TAHUN+KEDUA+PROGRAM+STUDI+PENDIDIKAN+DOKTER+FAKULTAS+KEDOKTERAN+UNIVERSITAS+LAMPUNG.++FAKULTAS+KEDOKTERAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F69002%2F