creators_name: Bizry , Cahya Divia creators_id: 2023022014 type: thesis datestamp: 2023-02-09 02:29:34 lastmod: 2023-02-09 02:29:34 metadata_visibility: show title: PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING OF INQUIRY SEQUENCES BERBANTUAN CANVA UNTUK MENSTIMULUS HANDS-ON, MINDS-ON ACTIVITY, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-LKPD berbasis LOIS berbantuan Canva yang valid, praktis, dan efektif untuk menstimulus hands-on, minds-on activity, dan KPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan, angket uji validitas, angket uji keterlaksanaan, instrumen soal yang sudah diuji kevalidannya, lembar observasi ketercapaian hands-on, minds-on activity, dan KPS, serta respon peserta didik terhadap keefektifan e-LKPD berbasis LOIS berbantuan Canva. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD hasil pengembangan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran untuk melatihkan hands-on, minds-on activity, dan KPS peserta didik. Pada uji kevalidan yang telah dilakukan, e-LKPD hasil pengembangan dinyatakan layak dengan kriteria sangat valid, dengan rata-rata rata-rata validasi desain diperoleh hasil sebesar 3,58, validasi materi sebesar 3,84, dan valdasi konstruk sebesar 3,00. Analisis angket keterbacaan diperoleh hasil persentase sebesar 92%, respon persepsi guru terhadap e-LKPD sebesar 91%, dan respon positif peserta didik terhadap e-LKPD sebesar 88%, hal ini mengindikasikan bahwa e-LKPD yang dikembangkan praktis. Keefektifan ditunjukkan oleh terlatihkannya hands-on, minds-on activity, dan KPS peserta didik saat menggunakan e-LKPD. Hasil analisis kemampuan yang dilatihkan diperoleh skor rata-rata presentase sebesar 87% dengan kategori sangat terlatihkan. Kata Kunci: e-LKPD, LOIS, Canva, Hands-on, Minds-on Activity, dan KPS. date: 2022-12-19 date_type: published institution: UNIVERSITAS LAMPUNG department: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN thesis_type: masters citation: Bizry , Cahya Divia (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LEARNING OF INQUIRY SEQUENCES BERBANTUAN CANVA UNTUK MENSTIMULUS HANDS-ON, MINDS-ON ACTIVITY, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/69019/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/69019/2/2.%20TESIS%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/69019/3/3.%20TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf