@misc{eprints69025, month = {Desember}, title = {MULTITRACK DIPLOMACY TRACK 3 DAN 9 AMERIKA SERIKAT DAN INDIA MELALUI FILM HOLLYWOOD DAN BOLLYWOOD DI INDONESIA 2010-2015}, author = {TASYA MAHARANI PUTRI }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK }, year = {2022}, url = {http://digilib.unila.ac.id/69025/}, abstract = {Film Hollywood dan Bollywood dianalisis menggunakan track 3 dan track 9 menunjukkan bahwa aktor bisnis, perdagangan dan media memainkan peran penting dalam diplomasi. Multi-track diplomacy digunakan pada penelitian ini untuk melihat perbandingan diplomasi yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan India melalui industri filmnya yaitu Hollywood dan Bollywood di Indonesia. Konsep ini penulis gunakan dikarenakan perfilman merupakan bagian dari kebudayaan yang kemudian digunakan untuk membandingkan tujuan, kepentingan nasional, serta propaganda atau citra yang dibangun oleh Amerika Serikat dan India pada publik Indonesia melalui industri film yang dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis multitrack diplomasi track 3 dan 9 Amerika Serikat dan India melalui film Hollywood dan Bollywood di Indonesia 2010-2015. Metode penelitian mengunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data studi literatur, penelusuran dokumen dan referensi berupa jurnal maupun buku. Analisis data dalam studi ini dimulai dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian berdasarkan perbandingan dari film Hollywood dan film Bollywood antara sembilan jalur multi-track diplomacy track three, dan track nine di mana media, perdagangan, dan bisnis dari India dan Amerika Serikat aktif dalam menyebarkan kebudayaanya. Film Hollywood dan Bollywood dianalisis menggunakan track three yaitu film Hollywood dari segi pendapatan film lebih banyak dibandingkan film Bollywood, dan film Hollywood menguasai perfilman di Indonesia hampir 80\% dibandingkan film Bollywood. Sedangkan, track nine menunjukkan bahwa film Hollywood dan Bollywood telah menggunakan media dan komunikasi sebagai penyebaran nilai-nilai budaya dari kedua film tersebut, dan dalam pemasaran media film Hollywood sangat aktif dibandingkan film Bollywood. Kata kunci Film Hollywood, Film Bollywood, Multitrack Diplomacy} }