%A 1313093041 GALUH ANGGRAINI TRI WARDHANI %T PENERAPAN MEDIA REALIA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IA SD NEGERI 7 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas I A SD Negeri 7 Metro Pusat tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan media realia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas belajar siswa, sikap dan keterampilan siswa, instrumen penilaian kinerja guru dan test. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media realia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I (56%) dan siklus II (74%). Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa pada aspek sikap pada siklus I (65,67) dan siklus II (76,66), untuk ketuntasan klasikal sikap pada siklus I (66,67%) dan siklus II (71,74%). Selain itu, rata-rata keterampilan siswa pada siklus I (59,74) dan siklus II (68,44). Persentase ketuntasan kognitif siswa secara klasikal siklus I (67%) dan siklus II (88%) Kata kunci : aktivitas siswa, hasil belajar, media realia. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints6909