TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints69117 UR - http://digilib.unila.ac.id/69117/ A1 - ECI , SAFITRI Y1 - 2023/01/19/ N2 - Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain multiple regression. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMAN 14 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 198 siswa yang terdistribusi dalam 6 kelas dengan kemampuan yang relatif sama. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 yang dipilih dengan teknik cluster random sampling, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes, teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Z, uji F, dan uji-t. Berdasarkan hasil dan pembahasan, diperoleh simpulan: 1) Motivasi belajar berhubungan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 2) kemampuan awal berhubungan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, 2) motivasi belajar dan kemampuan awal matematis secara bersama-sama berhubungan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Kata kunci: hubungan, motivasi belajar, kemampuan awal matematika, kemampuan pemecahan masalah matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA (Studi pada Kelas X SMAN 14 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022) AV - restricted ER -