TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints69192 UR - http://digilib.unila.ac.id/69192/ A1 - Selvi Tariya, 1813052002 Y1 - 2023/01/02/ N2 - ABSTRAK PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI JURUSAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RENCANA PILIHAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 WAY TENONG Oleh SELVI TARIYA Masalah penelitian ini adalah rendahnya pemahaman rencana pilihann studi lanjut pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan layanan informasi jurusan terhadap peningkatan pemahaman rencana pilihan studi lanjut siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Way Tenong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental designs dan desain yang digunakan yaitu one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini siswa kelas IX SMP Negeri 2 Way Tenong dengan jumlah sampel 28, dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh t-hitung lebih besar dari t-tabel (14,765>0,373) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan informasi jurusan dapat meningkatkan pemahaman rencana pilihan studi lanjut siswa kelas IX-B SMP Negeri 2 Way Tenong. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan pemahaman rencana pilihan studi lanjut siswa melalui layanan informasi jurusan. Kata kunci : layanan bimbingan, informasi jurusan, studi lanjut The problem of this research is the low understanding of the choice of study plan proceed to students. This study aims to determine the use of services majors information on increasing understanding of plans for further study options students of class IX-B SMP Negeri 2 Way Tenong. This type of research is quantitative research using pre-experimental designs and methods the design used is one group pretest-posttest. Population in research these are class IX students of SMP Negeri 2 Way Tenong with a total sample of 28, and sampling teachnique using purposive sampling. Research result obtained t-count is greater than t-tabel (14.765>0,373) then Ho is rejected and Ha accepted. Thus is can be concluded that the use of the service major information can improve understanding of futher study options plans students of class IX-B SMP Negeri 2 Way Tenong. The result of this study can be used as informatiom for guidance and counseling teachers in an effort to improve understanding of students futher study opyions plans through departemental information services. Keywords: guidance services, majors information, furthur studies PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGGUNAAN LAYANAN INFORMASI JURUSAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN RENCANA PILIHAN STUDI LANJUT PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 WAY TENONG AV - restricted ER -