creators_name: ARFINA , SHELLA MEILANY creators_id: 1817051005 type: other datestamp: 2023-02-14 02:45:15 lastmod: 2023-02-14 02:45:15 metadata_visibility: show title: ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKATPENGGUNA TWITTER TERHADAPPARIWISATA LAMPUNGMENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINEDANNAIVE BAYES ispublished: pub subjects: 500 full_text_status: restricted abstract: Pesatnya perkembangan teknologi membentuk gaya hidup serba digital. Perangkat elektronik sering digunakan sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengakses informasi. Penyebarluasan informasi seperti referensi, berita, hingga tren terkini dapat dengan mudah dilakukan melalui media sosial. Salah satu media sosial yang paling populer digunakan sebagai sarana penyediaan berbagai sumber data penelitian, informasi, dan opini publik adalah Twitter. Dengantweetmenjadi gambaran proses mendapatkan informasi tersebut dan menganalisis opini dengan memanfaatkan salah satu riset yaitu analisis sentimen. Analisis sentimen adalah proses untuk mengevaluasi pendapat pengguna media sosial seperti Twitter.Pendapat atau penilaian yang disampaikan oleh pengguna Twitter terkait topik suatu objek atau peristiwa yang baru-baru ini terjadi dan salah satu topik populer yang diperbincangkan oleh masyarakat Lampung terkait Pariwisata Lampung.Pariwisata Lampung merupakan sektor salah satu provinsi tujuan wisata di Indonesia yang memiliki berbagai fasilitas yang disediakan. Dalam penelitian ini,kami membandingkan dua algoritmaSupport Vector Machine(SVM) danNaive Bayesdalam analisis sentimen menggunakan data dari Twitter terkaitPariwisata Lampung. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakanSupport Vector Machine (SVM) menunjukkan hasil kinerja yang lebih baik dengan nilai akurasi sebesar 94,11% dibandingkan denganNaive Bayesyang memiliki nilai akurasi sebesar 93,78%. Kata Kunci: Analisis Sentimen,Support Vector Machine(SVM),Naive Bayes,Twitter, Pariwisata Lampung. date: 2022-12-23 date_type: published publisher: FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: ARFINA , SHELLA MEILANY (2022) ANALISIS SENTIMEN OPINI MASYARAKATPENGGUNA TWITTER TERHADAPPARIWISATA LAMPUNGMENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINEDANNAIVE BAYES. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/69225/1/1.%20ABSTRAK%20-%20ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/69225/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/69225/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf