TY - GEN CY - Pendidikan Kimia ID - eprints69249 UR - http://digilib.unila.ac.id/69249/ A1 - ANJELLIA , ANTIKA Y1 - 2023/01/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi larutan penyangga. Metode peneltian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan matching only pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunung Sugih. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan perhitungan n-gain dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan dan rata-rata n-gain pada kelas ekperimen berkategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi larutan penyangga. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, keterampilan komunikasi, larutan penyangga PB - Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted ER -