%A ANTIKA ANJELLIA %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi larutan penyangga. Metode peneltian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan matching only pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gunung Sugih. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Analisis data penelitian menggunakan perhitungan n-gain dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan yang signifikan dan rata-rata n-gain pada kelas ekperimen berkategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterampilan komunikasi pada materi larutan penyangga. Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, keterampilan komunikasi, larutan penyangga %D 2023 %C Pendidikan Kimia %R 1813023029 %I Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints69249