%0 Generic %A ELA NUR, ANISA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2023 %F eprints:69265 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T EFEKTIVITAS BLENDED LEARNING DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANALISIS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %U http://digilib.unila.ac.id/69265/ %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas blended learning dengan model discovery learning untuk meningkatkan keterampilan menganalisis pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sukadana tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitiannya adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen, yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Pada kelas kontrol diterapkan blended learning dengan pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen diterapkan blended learning dengan model discovery learning. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan matching only pretest-postest control group design. Data penelitian dianalisis menggunakan perhitungan n-Gain dan statistik parametrik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes keterampilan menganalisis kelas eskperimen dan kelas kontrol berbeda secara signifikan serta rata-rata n-Gain di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa blended learning dengan model discovery learning efektif untuk meningkatkan keterampilan menganalisis. Kata kunci: discovery learning, blended learning, keterampilan menganalisis, larutan penyangga