TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints69357 UR - http://digilib.unila.ac.id/69357/ A1 - Muthia Aya, Syahmalya Y1 - 2023/02/03/ N2 - Latar Belakang: Masalah adalah suatu ketidaksesuaian antara ekspetasi dan realita. Di dunia ini tidak ada manusia yang hidup tanpa masalah. Berbicara tentang manusia dan masalah, mahasiswa merupakan salah satu kelompok manusia yang rentan untuk dihadapkan dengan sebuah masalah. Mahasiswa adalah makhluk sosial pada rentang usia 18-25 tahun dan merupakan anggota sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi yang dituntut memiliki kemandirian dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas akademik. Setiap orang memiliki respon dan kemampuan yang berbeda dalam menghadapi suatu permasalahan sekaligus mengubah kesulitan menjadi peluang yang disebut sebagai adversity intelligence. Metode: Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan pendekatan cross sectional menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 190 mahasiswa tahun kedua yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria eksklusi. Kemudian data dianalisis menggunakan uji chi square (? = 0,05). Hasil: Hasil penelitian didapatkan 61% responden memiliki tingkat adversity intelligence tinggi (climbers), 39% responden dengan tingkat adversity intelligence sedang (campers), 59% responden memiliki IPK pada kategori pujian, dan 41% memiliki IPK pada kategori sangat memuaskan. Hasil uji analisis Chi square menunjukan adanya hubungan antara adversity intelligence dengan indeks prestasi belajar dengan P-value = 0,003 (p < 0,05). Simpulan: Terdapat hubungan antara adversity intelligence dengan indeks prestasi belajar mahasiswa tahun kedua di Fakultas Kedokteran Universitas lampung. Kata Kunci: Indeks Prestasi Belajar; Kecerdasan Adversitas; Mahasiswa Kedokteran PB - FAKULTAS KEDOKTERAN TI - HUBUNGAN ADVERSITY INTELLIGENCE DENGAN INDEKS PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN KEDUA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG AV - restricted ER -