TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints69358 UR - http://digilib.unila.ac.id/69358/ A1 - Salma , Aulia Lathifah Y1 - 2023/01/23/ N2 - Pandemi Covid-19 ini sudah hampir dua tahun menjadi tantangan bagi publik bahkan dunia, karena pandemi ini membawa dampak yang sangat besar terutama segmen pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan SKB 4 Menteri dikarenakan banyaknya masalah yang terjadi di segmen Pendidikan selama pembelajaran online di rumah. Dari siswa, guru hingga walimurid mengeluhkan pembelajaran online di rumah yang sangat berdampak pada hasil belajar siswa yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Pringsewu. Metode yang digunakan dalm penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan ex post fact. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa kelas XI IPS SMAN 2 Pringsewu. Teknik pengambilan sampel no probability sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan diperoleh hasil Fhitung > Ftabel atau 87,110 > 2,76 dan signifikansi < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan keluarga, minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 2 Pringsewu. Kata kunci: hasil belajar, lingkungan keluarga, minat belajar, motivasi belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS AV - restricted ER -