?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR%0D%0AMATEMATIKA+MELALUI+METODE+KOOPERATIF%0D%0ASISWA+KELAS+IV+SDN+2+LABUHAN+RATU%0D%0ATAHUN+PELAJARAN+2011%2F2012&rft.creator=+%2C+MARDIANA&rft.subject=BF+Psychology&rft.subject=L+Education+(General)+%3D+Pendidikan+&rft.subject=LB+Theory+and+practice+of+education&rft.description=Berdasarkan+pengamatan%2C+kondisi+pembelajaran+bangun+ruang+pada+mata+pelajaran+matematika%2C+masih+banyak+menggunakan+pembelajaran+yang+hanya+menggunakan+buku+paket+saja%2C+metode+ceramah+dan+penugasan+masih+mendominasi+dalam+pembelajaran.+Guru+belum+menggunakan+strategi+pembelajaran+yang+membuat+siswa+dapat+mengaitkan+pengetahuan+awal+untuk+memperoleh+pengetahuan+baru+dan+dapat+pengetahuan+yang+dimilikinya+dalam+kehidupan+sehari-hari.+Pembelajaran+masih+berpusat+pada+guru+yang+masih+menekankan+pada+pemberian+contoh+secara+lisan+maupun+tulisan+dan+belum+memperhatikan+bagaimana+siswa+memperoleh+sendiri+pengetahuannya%2C+sehingga+pembelajaran+kurang+menarik%2C+siswa+kurang+terampil.+Tujuan+ini+adalah+untuk+meningkatkan+aktivitas+dan+prestasi+belajar+matematika+siswa+melalui+pemantapan+metode+kooperatif+dan+hasil+belajar+dalam+pelajaran+matematika+kelas+IV+SDN+2+Labuhan+Ratu+menggunakan+metode+penelitian+kelas+(Classroom+Action+Research)%2C+prosedur+yang+digunakan+bentuk+siklus%2C+setiap+siklus+terdiri+dari+empat+kegiatan+pokok+yaitu+perencanaan%2C+pelaksanaan%2C+pengamatan+dan+refleksi.%0D%0APenelitian+siswa+kelas+IV+B+dengan+jumlah+43+siswa+terdiri+dari+21+orang+laki-laki+dan+22+orang+perempuan.+Peningkatan+aktivitas+belajar+siswa+dalam+persentase+aktivitas+siswa+meningkat+dari+78%25+menjadi+90%25+pada+siklus+ke+dua.+Pada+akhir+siklus+semua+siswa+telah+memperoleh+hasil+belajar+diatas+KKM+yang+telah+ditentukan.%0D%0AHasil+penelitian+ini+menunjukkan+sebagai+wujud+keberhasilan+dalam+melakukan+tindakan.%0D%0A1.+Siswa+dapat+menyelesaikan+tugas+matematika+dengan+benar+melalui+kerja+kelompok.%0D%0A2.+Adanya+peningkatan+hasil+belajar+siswa.%0D%0A3.+Kegiatan+belajar+mengajar+menjadi+menarik+sehingga+siswa+tidak+jenuh.%0D%0A4.+Siswa+dapat+mengikuti+proses+pembelajaran+dengan+baik+diciptakan+oleh+guru.%0D%0AKata+Kunci+%3A+Aktivitas+Belajar%2C+Hasil+Belajar%2C+dan+Metode+Kooperatif.&rft.publisher=Fakultas+KIP&rft.date=2011-09-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F694%2F1%2FCover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F694%2F2%2FAbstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F694%2F3%2FMenyetujui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F694%2F4%2FPernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F694%2F5%2FRiwayat%2520Hidup.pdf&rft.identifier=+++%2C+MARDIANA++(2011)+UPAYA+MENINGKATKAN+AKTIVITAS+DAN+PRESTASI+BELAJAR+MATEMATIKA+MELALUI+METODE+KOOPERATIF+SISWA+KELAS+IV+SDN+2+LABUHAN+RATU+TAHUN+PELAJARAN+2011%2F2012.++Fakultas+KIP%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F694%2F