%0 Generic %A , MARDIANA %C Universitas Lampung %D 2011 %F eprints:694 %I Fakultas KIP %T UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE KOOPERATIF SISWA KELAS IV SDN 2 LABUHAN RATU TAHUN PELAJARAN 2011/2012 %U http://digilib.unila.ac.id/694/ %X Berdasarkan pengamatan, kondisi pembelajaran bangun ruang pada mata pelajaran matematika, masih banyak menggunakan pembelajaran yang hanya menggunakan buku paket saja, metode ceramah dan penugasan masih mendominasi dalam pembelajaran. Guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang membuat siswa dapat mengaitkan pengetahuan awal untuk memperoleh pengetahuan baru dan dapat pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran masih berpusat pada guru yang masih menekankan pada pemberian contoh secara lisan maupun tulisan dan belum memperhatikan bagaimana siswa memperoleh sendiri pengetahuannya, sehingga pembelajaran kurang menarik, siswa kurang terampil. Tujuan ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa melalui pemantapan metode kooperatif dan hasil belajar dalam pelajaran matematika kelas IV SDN 2 Labuhan Ratu menggunakan metode penelitian kelas (Classroom Action Research), prosedur yang digunakan bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat kegiatan pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian siswa kelas IV B dengan jumlah 43 siswa terdiri dari 21 orang laki-laki dan 22 orang perempuan. Peningkatan aktivitas belajar siswa dalam persentase aktivitas siswa meningkat dari 78% menjadi 90% pada siklus ke dua. Pada akhir siklus semua siswa telah memperoleh hasil belajar diatas KKM yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai wujud keberhasilan dalam melakukan tindakan. 1. Siswa dapat menyelesaikan tugas matematika dengan benar melalui kerja kelompok. 2. Adanya peningkatan hasil belajar siswa. 3. Kegiatan belajar mengajar menjadi menarik sehingga siswa tidak jenuh. 4. Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik diciptakan oleh guru. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Metode Kooperatif.