%A Nashiruki Rohani Liony %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOKIMIA PELANGIRAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran berbasis etnokimia pelangiran terhadap hasil belajar kognititf dan motivasi belajar kimia siswa kelas X di SMA N 9 Bandarlampung Tahun Ajaran 2020/2021 pada materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian pre-test dan post-test Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 9 Bandarlampung. Kelas X IPA 2 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran berbasis etnokimia pelangiran sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan kognitif dan angket motivasi belajar kimia. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara n-gain hasil belajar kognititf dan motivasi belajar siswa kelas eksperimen dengan siswa kelas kontrol. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis etnokimia pelangiran efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan motivasi belajar kimia siswa. Kata Kunci: Model Berbasis Etnokimia Pelangiran, Hasil Belajar, Motivasi Belajar %D 2023 %C PENDIDIKAN KIMIA %R 1813023011 %I KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints69429