%0 Generic %A NELLA , ASTANTI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2022 %F eprints:69430 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PERAN GURU DALAM UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK USIA DINI %U http://digilib.unila.ac.id/69430/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam upaya mengembangkan kemampuan mengenal keaksaraan pada anak usia dini. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan metode survey. Sampel penelitian menggunakan total sampling, dengan jumlah 44 guru Taman Kanak-kanak (TK) yang mengajar anak usia 5-6 tahun di Kecamatan Bunga Mayang, Lampung Utara. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan hasil yang menunjukkan bahwa peran guru dalam upaya mengembangkan kemampuan mengenal keaksaraan pada AUD sudah baik dengan persentase sebesar 40,91%. Guru sudah menerapkan keempat peran yaitu sebagai fasilitator dengan cukup baik (43,18%), demonstran/demonstrator dengan sangat baik (34,09%), pengarah dengan cukup baik (34,09%) dan motivator dengan sangat baik (54,27%). Kata Kunci: anak usia dini, keaksaraan, peran guru.