%0 Generic %A Siti , Indra Kumala %C Universitas Lampung %D 2022 %F eprints:69457 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T Hubungan Peran Orangtua dan Kompetensi Pendidik dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar Negeri 49 Gedong Tataan %U http://digilib.unila.ac.id/69457/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas tinggi Sekolah Dasar Negeri 49 Gedong Tataan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara peran orangtua dan kompetensi pendidik dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 74 peserta didik dan sampel berjumlah 74 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara peran orangtua dan kompetensi pendidik dengan hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik kelas tinggi ditujukan koefisien korelasi sebesar 0,483 berada pada kriteria “Cukup Kuat”. Kata kunci: hasil belajar Bahasa Indonesia, kompetensi pendidik, peran orangtua.